Jumat, 18 Januari 2013

Sejarah Brownies

Brownies? hmmm, saya suka banget sama cake bantat yang satu ini, rasanya coklat banget deh.
Zaman sekarang sudah banyak bertebaran brownies beraneka jenis, ada brownies panggang, brownies kukus, cupcake brownies sampai akhirnya muncullah brownies beku aka frozen brownies.

Dinikmati dengan teman panas, hangat atau dingin, tetap EemHhmHmm,,,



Brownies adalah cake yang berwarna coklat tua yang konon berasal dari “the deep brown color of cookie” (Warna coklat pada bagian paling dalam kue). Kue ini tidak mengembang seeprti cake pada umumnya
dan sedikit basah . sebagai penggemar cake ini saya jadi penasaran bagaimana sejarah brownies ini? ada banyak versi dari sejarah brownies yang saya ketahui dari berbagai sumber, namun semua sumber dan versi tersebut mengarah pada kue yang awalnya dikira gagal.

Salah satu versi sejarah kue bantat ini adalah, dikarenakan kesalahan dari seorang koki di Chicago ketika sang koki berniat membuat sebuah sebagai dessert. Namun entah karena apa, saat itu sang koki lupa untuk memasukkan baking powder sebagai pengembang cake, hingga cake yang dihasilkan tidak mengembang dan berpori namun menjadi bantat dan basah. Cake bantat ini lalu dicicipi dan ternyata memiliki tekstur dan kekhasan sendiri ketika menyentuh lidah hingga akhirnya cake ini lalu disebut sebagai cake inovasi yang baik saat itu.

Versi lain dari sejarah brownies adalah, dari pemuda yang menjual kue sebagai mata pencahariannya. Sang pemuda ingin membuat kreasi baru dengan coklat, namun karena pengalamannya yang minim kue yang dihasilkan justru sangat berbeda dari yang diharapkannya. Esoknya ketika sang pemuda menjajakan kuenya, tanpa sadar kue coklat olahannya yang gagal tersebut ikut terjual. Tak disangkanya ternyata banyak pembeli yang menyukai rasa dari kue ini sehingga kue tersebut justru semakin banyak diminati dan terus dibuat hingga saat ini.


Versi seperti apalah, yang jelas kue bantat ini semakin terkenal di zaman sekarang, dan saya juga termasuk salah satu dari sekian banyak penggemarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar